The Beauty of Spain

The Beauty of Spain

realmadrid1

Estadio Santiago Bernabeu (photo taken from essma.eu)

Spanyol…entah kenapa dari dulu saya sangat menyukai negara ini, meskipun belum pernah berkunjung langsung kesana. Hal pertama yang membuat saya sangat menyukai negara ini adalah Timnas Sepakbolanya, dari mulai saya menyukai sepakbola, saya langsung menjagokan Spanyol di Piala Dunia 2002, walaupun waktu itu prestasi Spanyol belum segemilang sekarang. Dulu, tempat yang sangat ingin saya kunjungi di Spanyol adalah kota Madrid, dimana disana terdapat stadion Santiago Bernabeu kebanggaan klub Real Madrid.. *maklum saya adalah seorang Madridista dan saya rasa itulah impian semua Madridista di dunia 😀 *

Namun saat ini, setelah beberapa buku dan tayangan sejarah Islam yang saya lihat, ternyata banyak tempat di Spanyol yang lebih ingin saya kunjungi, yaitu Cordoba, Granada, dan Sevilla. Dimana kota-kota tersebut merupakan saksi kejayaan Islam di masa lampau. Kota-kota tersebut merupakan awal perkembangan peradaban di Eropa dimana saat itu Eropa masih dalam masa kelam, dan Islam lah yang berperan besar dalam awal mula perkembangan peradaban di Eropa.

Mezquita – Cordoba

Cordoba merupakan ibukota provinsi Cordoba, Andalusia, Spanyol Selatan. Cordoba merupakan ibukota yang berkembang maju di bawah Kekhalifahan Cordoba yang memerintah hampir seluruh Semenanjung Iberia. Tempat bersejarah yang sangat terkenal di Cordoba adalah Mezquita atau Mesjid Cordoba. Mezquita ialah sebuah katedral di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah masjid. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman pada tahun 787. Pada masa kekuasaan Islam di Spanyol Cordoba adalah ibukota Spanyol di bawah pemerintahan dinasti Umayyah. Setelah Reconquista atau Penaklukkan Kembali Spanyol oleh kaum Kristen, gedung ini diubah fungsi menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik yang dimasukkan ke tengah gedung berarsitektur Moor ini. Sekarang keseluruhan gedung dipakai sebagai gedung katedral diosese Córdoba di Spanyol. Pada saat pemerintahan Umayyah, Cordoba menjadi ibukota Spanyol di bawah pemerintahan khalifah Islam dan dikenal tidak ada tadingannya di Eropa dalam hal kemajuan peradabannya. Cordoba pada saat itu juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan, di mana volume kunjungan ke perpustakaannya mencapai 400.000 kunjungan. Sementara perpustakaan-perpustakaan besar di Eropa, volume pengunjungnya jarang mencapai angka seribu.

Alhambra – Granada

Granada adalah sebuah kota yang merupakan ibukota provinsi Granada, di dalam kawasan otonomi Andalusia, Spanyol Selatan. Tempat bersejarah yang terkenal di kota ini tentu saja Alhambra. Alhambra, merupakan sebuah Istana megah, Perpustakaan terlengkap dan juga Benteng bagi masyarakat Muslim Spanyol atau yang lebih dikenal sebagai orang-orang Moor, sejak dahulu telah menjadi simbol peradaban Granada. Ini adalah peninggalan bangunan yang paling terkenal dan juga menyimpan kenangan yang memilukan dari warisan Sejarah Islam Andalusia. Granada merupakan kota yang bersinar terang karena kemilau cahaya kemajuan ilmu pengetahuan ketika kota-kota besar lain di Eropa masih terkungkung dengan kegelapan. Saat ini Alhambra menjadi situs peninggalan warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO melalui World Herritage Site yang dikukuhkan sejak tahun 1984.

Alcazar – Sevilla

Sevilla merupakan ibukota wilayah otonomi Andalusia. Alcazar adalah sebuah Istana di Sevilla yang dahulunya adalah sebuah Benteng Moor.

Semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki di tempat-tempat bersejarah Islam tersebut, melihat langsung kemegahan bangunan-bangunan itu dan membayangkan kejayaan Islam di masa lampau sambil berdoa semoga kejayaan Islam tersebut akan terulang kembali di peradaban modern saat ini.. 🙂

Advertisements

One thought on “The Beauty of Spain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s