10/11/12 @ Sawarna

16-03-17-21-54-24-564_deco

Pantai Tanjung Layar, Sawarna, Banten

Sabtu (10/11/12) pukul 5 pagi, saya dan teman saya, fifi janjian untuk bertemu di Terminal Baranang Siang Bogor. Kami berencana menghabiskan akhir pekan di Desa Sawarna, Banten. Bis yang kami naiki menuju Pelabuhan Ratu berangkat pukul 05.30 WIB. Tadinya kami berencana untuk naik bis yang paling pagi, tapi sayangnya kami telat beberapa menit dan harus puas dengan bis ekonomi plus bonus asap rokoknya.. J) (Fyi : tarif bis ekonomi Bogor – Pel.Ratu = Rp 25.000). Sekitar 3 jam kemudian kami tiba di terminal Pel.Ratu, calo-calo pun berdatangan satu persatu menawari kami tumpangan. Tapi kami harus tolak tawaran2 itu dengan halus, karena harus isi perut dulu sebelum meneruskan perjalanan ke Banten.

Sekedar informasi, hanya ada satu angkutan yang menuju Desa Sawarna dalam sehari, dan biasanya ada setelah dzuhur. Berhubung kami saat itu sampai pukul 09.00 WIB, jadi kami memutuskan untuk naik angkutan menuju Bayah. Setelah tertahan lumayan lama di terminal (nunggu angkutan keisi penuh), akhirnya kami berangkat menuju Banten. Jalanan menuju Desa Sawarna terhitung bagus meskipun kami harus naik turun bukit. Satu hal yang bikin saya kaget adalah sepanjang jalan mobil elf yang kami tumpangi selalu mengambil penumpang, padahal mobilnya udah penuh. Sampe-sampe beberapa penumpang naik diatas mobil. So, siap-siap aja jadi pepes manusia didalem mobil,haha.. Hal itu mungkin wajar karena mobil elf ini adalah satu-satunya angkutan umum yang ada didaerah ini dan frekuensinya pun agak jarang. Tapi jangan khawatir, karena sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Setelah sekitar 3 jam lebih kami membelah gunung, akhirnya pantai pun terlihat. Waahh..perjalanan yang panjang akhirnya terbayar begitu ngeliat pantai, walaupun ga dari deket.

Berhubung kami naik mobil elf munuju Bayah, ada 2 alternatif yang bisa diambil, yaitu turun di pertigaan Ciawi atau turun di Cibayawah. Nah..kami memilih opsi kedua karena banyak yang bilang lebih dekat kalau kami turun disitu (*ternyata sama aja). Dari sana kami meneruskan perjalanan ke Desa Sawarna dengan ojeg. (Fyi : ongkos mobil elf Pel.Ratu – Cibayawah = Rp 25.000, Ojeg Cibayawah – Sawarna : Rp 25.000). Ada yang seru ketika saya menaiki ojeg menuju Desa Sawarna, kami harus melewati jembatan gantung dengan ojeg yang hanya bisa dilewati 1 motor, jadi tukang ojeg mesti konsentrasi biar bisa sampe ujung jembatan (*agak lebay)..haha..

Rencananya kami akan camping disana, namun cuaca berkata lain. Kami berdua ga berdaya ngehadepin angin yang lumayan kenceng plus rintik2 hujan waktu mau ngediriin tenda. Akhirnya kami memutuskan untuk tidur di bale-bale deket pantai dengan biaya Rp 100.000/malem. Sebenernya disana banyak disediakan home stay dirumah-rumah warga, tapi jaraknya agak jauh dari pantai. Oya..buat kamu yang menggunakan mobil, parkirnya lumayan jauh dari pantai, jadi untuk menuju pantai harus menggunakan ojeg lagi, atau kalau mau skalian olahraga bisa jalan kaki kok,hehe.. Untuk masuk ke Desa Sawarna dikenakan biaya Rp 3000/orang.

Berhubung bulan November ini musim ujan, jadi kami ga bisa menikmati sunset yang katanya sangat indah itu. Kekecewaan kami sedikit terobati dengan awan biru dan ombak yang indah di keesokan paginya. Di Desa Sawarna terdapat beberapa objek wisata yang menarik diantaranya Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Goa Lalay, Pantai Karang Taraje. Beberapa objek wisata tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

16-03-17-21-53-51-621_deco

Sunsetnya cuma ngintip dibalik awan

16-03-17-21-53-17-422_deco

View lain di Sawarna

16-03-17-21-52-47-940_deco

[view lain lagi] di Sawarna

Me @ Sawarna

Minggu (11/11/12) pukul 12.30 WIB kami memutuskan untuk pulang karena besok kami harus menjalani aktivitas rutin seperti biasa (*pengennya sih lupa kalo besok senen,hehe..). Beruntungnya kami mendapat tempat menginap yang pemiliknya sangat baik. Kami diantar oleh 2 motor menuju terminal Bayah dengan bayaran seikhlasnya. Sebenarnya bisa saja kami diantar sampai Cibayawah, tempat kami turun dari mobil elf sebelumnya. Namun karena kami pengen mendapatkan posisi duduk yang enak dengan bawaan barang yang banyak, akhirnya kami memutuskan untuk menuju terminal Bayah yang ditempuh sekitar 1 jam dari tempat kami menginap di Desa Sawarna. Selanjutnya naik mobil elf menuju terminal Pel.Ratu dan naik bis MGI Pel.Ratu-Bogor terakhir pada pukul 05.00.

23921_4211587405522_828148757_n

486377_4206445876987_266943790_n

Temen ngegalau disana, hehe.. (foto by. @bintangk03)

Yup..liburan singkat ini pun berakhir.. bye..bye..Sawarna yang indah, meskipun saya kurang beruntung karena tidak bisa melihat sunset yang indah disana, tapi saya cukup terobati dengan ombak, pasir putih, awan biru, hamparan sawah dan bukit yang indah. Semoga keindahan pantai ini tetap terjaga.