[Very Late Post] Trip Hore-Hore

Warna-warni di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

“Travel brings power and love back into your life.” ~Rumi~

Pertama kalinya pergi bersama-sama dengan orang-orang baru yang sama-sama suka jalan-jalan, sama-sama suka menikmati keindahan alam, dan sama-sama suka petualangan. Kali ini kami akan menuju Afrika-nya Indonesia di Taman Nasional Baluran, snorkeling bareng di spot yang paling indah di Menjangan, dan berburu “blue fire” di Kawah Ijen.

Berawal dari racun trip yang berhasil ditularkan temen saya, sekarang rasanya ga bisa liat long weekend tanpa rencana trip, hehe.. awalnya saya diajak ngetrip ke Karimun Jawa, tapi ternyata kapal kesana sudah full booked, padahal kita booking beberapa bulan sebelumnya.. wooww.. Akhirnya rencana trip pun beralih ke plan B, yaitu trip ke Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, dan Pulau Menjangan Bali.

Saya sangat excited dengan trip ini. Kebetulan temen saya (Fie) yang jadi “EO”mya trip ini dan jadi satu-satunya orang yang saya kenal di trip ini. Ini bukan pertama kalinya saya ngetrip sama Fie (orang yang menularkan racun trip ke saya), sebelumnya kami sudah beberapa kali ngetrip meskipun cuma di sekitaran Jawa Barat aja. Ini pertama kalinya saya ngetrip lintas propinsi bersama rombongan para pecinta ngetrip. Ini juga pertama kalinya saya naik kereta api eksekutif jarak jauh (Jakarta-Surabaya PP) yang dari dulu pengen banget saya naikin.

Kamis (28/03/2012) sepulang kerja, saya langsung bergegas pulang ke rumah untuk bersiap menuju Stasiun Gambir untuk bertemu Fie dan Titik. Kami berangkat dengan kereta Argo Bromo Anggrek pukul 21.00 WIB. Tak disangka, ternyata kereta mengalami keterlambatan sekitar 1 jam, sehingga kami pun terlambat sampai di Stasiun Pasar Turi Surabaya, tempat meeting point dengan peserta trip lainnya.

Jumat (29/03/2012) pukul 08.00 WIB kami tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya. Sesampainya disana, peserta lain yang berangkat lebih dulu dengan kereta bisnis sudah menanti disana, plus 2 mobil Elf yang akan membawa kami berkelana ke Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), dan Kawah Ijen. Setelah peserta trip yang terdiri dari 20 orang dibagi kedalam 2 mobil Elf, kami pun bergegas berangkat menuju Banyuwangi. Kami sempat beristirahat sebentar untuk Shalat Jumat bagi yang pria di daerah Pasuruan.

Sekitar pukul 19.00 WIB akhirnya kami tiba di Taman Nasional Baluran. Namun sayangnya, jam berkunjung pun sudah habis (berdasarkan info, pendaftaran masuk ke Taman Nasional Baluran ditutup pukul 16.00 WIB), alhasil kami hanya berfoto di depan pintu masuk Taman Nasional Baluran. Fie (selaku ketua rombongan) pun mencoba mencari rencana yang pas agar kami dapat kembali ke Baluran, tapi tetap bisa mengunjungi tempat lain yang sudah direncanakan sebelumnya. Setelah shalat maghrib, kami pun bergegas menuju pelabuhan Ketapang untuk menuju ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Yeaayyy…Bali… Finally menginjakan kaki di pulau idaman para wisatawan ini. Sesampainya disana hampir tengah malam, kami pun disambut dengan pemeriksaan KTP (berasa imigran gelap kalo gini,hehe) untuk dapat keluar dari pelabuhan ini. Meskipun sempat ada beberapa teman yang tertahan karena KTP nya expired, namun Alhamdulillah kami semua bisa keluar dari pelabuhan ini.

Dinginnya tengah malem diatas kapal menuju ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Sabtu (30/03/2012) hari pun telah berganti (zona WITA), kami pun mencari tempat untuk tidur sejenak. Akhirnya setelah mendapat izin dari penjaga mesjid, kami memutuskan untuk tidur di sebuah mesjid yang berada tidak jauh dari pelabuhan Gilimanuk. Waktu menunjukkan pukul 07.00 WITA, kami pun berangkat menuju TNBB. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam (perjalanan darat dan laut) dari Mesjid tempat kami menginap. Sebelum menyebrang, kami bertemu dengan guide yang akan memandu kami disana dan juga mempersiapkan peralatan untuk snorkeling.

Anggota kapal 2, hehe…

Setibanya di TNBB, kami pun bersiap untuk snorkeling. Kedua guide kami pun dengan sabarnya mengajari kami teknik untuk snorkeling. Saya sendiri sangat dag-dig-dug, karena ini pertama kalinya saya snorkeling, ditambah saya yang tidak bias berenang,hehe… Salah satu guide yang memandu kami, memaksa saya untuk berani menuju ke tengah laut, karena sayang sekali sudah jauh-jauh kemari tapi tidak menikmati pemandangan bawah laut yang sungguh indah. Beberapa kali saya sempat keabisan napas karena panik, tapi untungnya guide yang memandu saya cukup sabar menemani saya,hehe… Setelah puas main di air, kami pun menyusuri Pulau Menjangan. Di pulau ini sendiri terdapat beberapa pura dilengkapi arca dan sesajen yang digunakan umat Hindu untuk beribadah. Kebetulan pada hari itu sedang ada perayaan hari Galungan. Jadi kami pun bisa dengan hening meihat perayaan tersebut. Pengunjung pun diwajibkan mengenakan pakaian yang sopan selama menyusuri pulau ini.

Gaya dulu abis snorkeling

Sesajen yang ada di TNBB

Salah satu Pura di Pulau Menjangan Bali

Umat Hindu sedang melakukan ibadahnya

Darmaga kecil di TNBB

Jembatan di Darmaga

Mengabadikan keindahan TNBB

Cantiknya TNBB dari atas bukit

Waktu pun sudah menunjukkan pukul 12.00 WITA, kami pun segera bergegas menuju Taman Nasional Baluran untuk mengobati kekecewaan kami kemarin karena tidak dapat masuk kesana. Dengan kecepatan tinggi dan harap-harap cemas, kami pun akhirnya tiba di Taman Nasional Baluran. Setibanya disana, kami pun segera mendaftar untuk bisa masuk kesana. Sebelum masuk, kami pun mengisi perut yang sudah keroncongan karena belum diisi dari pagi. Segera setelah selesai makan, kami pun masuk kedalam. Didalam Taman Nasional Baluran ini, kami menjumpai beberapa spesies binatang yang hidup disana. Sampai di Savana Bekol, kami berhenti sejenak untuk menikmati keindahan alam disini dan tentunya berfoto. Saya takjub dengan tempat ini, karena seperti bukan sedang berada di Indonesia, tapi di Afrika,hehe..

Welcome to Baluran 🙂

Pemandangan di Savana Bekol

setelah puas berfoto, kami pun menuju Pantai Bama. Sayangnya, saat itu cuaca sedikit mendung, sehingga kami tidak bisa menikmati keindahan sunset di Pantai ini.

Pantai Bama

Setelah puas menyusuri Taman Nasional Baluran, kami pun segera menuju Kawah Ijen. Kami menempuh perjalanan darat sekitar 4 jam.

Minggu (31/03/2012) Pukul 02.00 WIB kami tiba di Pal Tuding. Setelah beristirahat sejenak, kami pun segera mulai mendaki kawah ijen. Menurut info, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak tempuh 3 Km untuk bisa sampai diatas. Cuaca yang cukup dingin tidak menghalangi semangat kami untuk sampai keatas. Ternyata waktu yang kami tempuh hanya sekitar 1.5 jam untuk bisa sampai diatas. Kami pun mencari posisi yang pas untuk melihat “blue fire” yang terkenal dari Kawah Ijen ini. Sebagian teman ada pula yang bersembunyi dari balik bebatuan dan saling berpelukan untuk menghangkan badan. Maklum saja, hawa diatas kawah ini sangat dingin. Akhirnya saat yang dinanti-nanti pun tiba, sang “blue fire” muncul juga dari dasar kawah. Teman-teman yang membawa kamera berlomba-lomba untuk mengambil gambar. Setelah puas melihat “blue fire”, kami pun segera Sholat Subuh. Yup, kami secara bergantian sholat diatas tepian kawah ini, sungguh haru saya.

Kawah Ijen

Yeaayy.. we love Indonesia 🙂

I’m Free… 😀

Pemandangan yang menemani kami kembali ke Pal Tuding

Setelah puas menikmati keindahan Kawah Ijen, kami pun bergegas turun menuju Pal Tuding. Setelah bersih-bersih dan sarapan, kami pun berangkat menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya untuk kembali ke Jakarta. Peserta trip yang menuju Jakarta sebagian menggunakan kereta Gumarang, termasuk saya. Sungguh trip yang luar biasa. Dan sekali lagi, inilah yang membuat saya kecanduan ngetrip,hehe…

Foto sebelum berpisah w/ full team + driver yg setia menemani kami 🙂

*Nb : trip ini sistemnya sharing cost, setiap peserta dikenakan biaya Rp 400.000 (ex.makan dan tiket PP Jkt-Sby) dengan jumlah peserta 20 orang.

*Foto-foto diambil dari dokumentasi pribadi dan para peserta trip ini (Fie, Mba Endah, Mba Nana, Mba Tutik)