Mengawali Februari di Sukabumi

Mengawali Februari di Sukabumi

Pemandangan dari Selabintana, Sukabumi

Seperti biasa, saya ga bisa ngeliat long weekend di kalender dianggurin gitu aja. Tapi berhubung cuaca sekarang ini lagi kurang bersahabat, saya pun memilih trip yang ga terlalu jauh. Dengan sedikit “ngomporin” temen saya, akhirnya dia pun mau menemani trip kali ini. Kali ini saya memilih kota Sukabumi untuk mengisi liburan kali ini. Bukan dengan bis ataupun elf, tapi saya memilih kereta Pangrango yang belum lama ini beroperasi untuk melayani rute Bogor-Sukabumi-Bogor.

Untuk menuju kesana, kita cukup membayar tiket seharga Rp 15.000 untuk kelas ekonomi ac dan Rp 35.000 untuk kelas eksekutif. Kereta ini berangkat dari Stasiun Paledang yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Bogor. Saya sarankan untuk tidak membeli tiket pada hari H keberangkatan, karena kemungkinan besar kita tidak akan dapat tiketnya. Kita bisa memesan secara online ataupun melalui Indomart beberapa hari sebelum keberangkatan.

Stasiun Paledang Bogor

Bagi warga Bogor yang ingin mencoba Kereta Pangrango ini sekaligus berwisata singkat di Sukabumi, dapat membeli tiket keberangkatan pada pukul 07.35 WIB dan kembali pada pukul 15.20. Jadi kita punya waktu sekitar 5 jam untuk berwisata singkat di Sukabumi. Kita bisa mengunjungi Selabintana, membeli oleh-oleh Mochi, dan juga wisata kuliner disekitar Stasiun Sukabumi.

Stasiun Sukabumi (Penampakannya mirip banget sama Stasiun Bogor)

Suguhan pemandangan selama perjalanan menuju Sukabumi πŸ™‚

Untuk menuju ke Selabintana, kita bisa berjalan kurang lebih sejauh 200 m menuju Yogya Department Store kemudian menaiki angkot nomor 10 berwarna merah jurusan Selabintana – RE Martadinata. Ongkos angkot ini Rp 3000 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.Β Selabintana merupakan sebuah conference resort yang menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Meskin sebuah conference resort, namun bagi anda yang tidak menginap tetap bisa menikmati pemandangan dan kesejukan alam disini dengan hanya membayar Rp 5000 saja.

Penampakan Selabintana

Setelah puas menikmati keindahan alam di Selabintana, kita dapat membeli oleh-oleh khas Sukabumi, yakni Mochi. Mochi yang cukup terkenal di Sukabumi adalah Mochi Lampion yang terletak di Jalan Bhayangkara Gang Kaswari II. Untuk dapat menuju kesana, kita dapat naik angkot berwarna kuning jurusan Bhayangkara didepan Yogya Departement Store. Kalau takut kelewat, bilang saja ke supir angkotnya kalau kita akan membeli mochi di gang kaswari, nanti kita akan diturunkan disana. Karena letaknya yang agak kedalam, sehingga tidak terlihat dari pinggir jalan. Mochi Lampion memiliki beragam rasa dengan harga Rp 25.000 – Rp 30.000 rupiah. Setelah selesai membeli oleh-oleh, kita dapat kembali menuju Yogya Departement Store dengan naik angkot berwarna putih dari sebrang Gang Kaswari ini.Β 

Mochi Lampion di Gg. Kaswari II

Sesampainya di Yogya Departement Store, kita dapat berjalan kaki menyusuri pasar didekat Stasiun Sukabumi untuk mencicipi kuliner disana. Salah satu kuliner khas yang wajib dicoba adalah Cilok Jengkang. Cilok ini dijual di kaki lima dengan beragam rasa yang menggugah selera. Selain itu ada juga es lilin yang juga dijual di kaki lima. Kita juga bisa mampir ke Mesjid Raya Sukabumi untuk Sholat dan beristirahat sejenak. Mesjid ini letaknya tidak terlalu jauh dari Yogya Department Store.

Cilok Jengkang rasa original
Masjid Raya Sukabumi (*dokumentasi by Inafit13)

Tak terasa 5 jam pun berlalu, dan saatnya kembali ke Stasiun Sukabumi. Pemeriksaan kartu pengenal di Stasiun ini ternyata lebih ketat daripada di Stasiun Paledang Bogor, jadi jangan lupa untuk membawa KTP anda. Yup, wisata singkat di Sukabumi pun berakhir di Stasiun Paledang Bogor.

Bagi anda warga Sukabumi yang ingin menikmati wisata singkat di Bogor, anda dapat mengunjungi Kebun Raya Bogor. Dari Stasiun Paledang, anda bisa berjalan menuju ke depan Stasiun Bogor, kemudian naik angkot nomor 02 jurusan Sukasari untuk dapat sampai ke Kebun Raya Bogor. Tiket masuk Kebun Raya Bogor seharga Rp 14.000. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Museum Zoologi yang terletak disamping Kebun Raya Bogor. Dari Museum Zoologi, anda dapat berjalan sedikit kearah Plaza Bogor dan menyusuri jalan Surya Kencana. Disana merupakan surganya kuliner di Bogor.

Selamat Berwisata… πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s