Wisata Negeri di Atas Awan

Wisata Negeri di Atas Awan

2014-04-20-07-21-29_decoView golden sunrise dari Puncak Sikunir

Semua pendaki sudah menempati spot terbaik mereka di Puncak Sikunir. Kamera-kamera telah siap ditangan mereka. Bahkan sebagian dari mereka rela berkemah di area dekat Puncak Sikunir. Sisanya, rela berangkat pagi buta, bahkan sebelum adzan Shubuh berkumandang meskipun berselimut dinginnya udara pagi. Semua itu dilakukan demi satu suguhan alam yang terkenal dari Puncak Sikunir, yaitu Golden Sunrise.

***

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng juga merupakan kawasan vulkanik aktif, dan pada musim kemarau (Juli dan Agustus) suhu udara disana dapat mencapai 0oC. Berbagai suguhan alam tersaji di daratan tinggi Dieng, diantaranya kawah-kawah, puncak Gunung Sikunir, dan Danau Vulkanik.

Batu ratapan angin merupakan salah satu suguhan alam di kawasan daratan tinggi dieng yang menawarkan keindahan diatas ketinggian. Untuk sampai ke batu ratapan angin, kita harus melakukan treking sekitar 20-30 menit. Dari atas batu ratapan angin kita dapat melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

2014-04-19-17-37-40_decoView dari atas Batu Ratapan Angin

Tak jauh dari lokasi tersebut, terdapat kawah sikidang. Kawah ini mengeluarkan uap panas disertai semburan air berwarna kelabu. Konon, dinamakan kawah sikidang karena kawahnya yang sering berpindah-pindah. Terjadinya kawah ini, menurut legenda masyarakat dilatarbelakangi oleh kisah cinta seorang raja yang berakhir tragis.

Raja Kidang Garungan, yang kaya raya dan sakti, jatuh cinta kepada Ratu Shinta Dewi yang terkenal karena kecantikannya. Sang Raja pun meminang Sang Putri, namun Sang Putri kecewa ketika melihat Sang Raja yang ternyata bertubuh manusia tapi berkepala Kidang. Sang Ratu pun kecewa, dan bersiasat dengan meminta Sang Raja membangun sebuah sumur yang dalam. Ketika sumur tersebut hampir selesai, Sang Ratu dan tentaranya menimbun sumur tersebut yang didalamnya masih terdapat Sang Raja. Sang Raja yang tidak dapat keluar dari sumur itu pun murka dan mengutuk seluruh keturunan Sang Ratu akan berambut gembel (gimbal). Hingga saat ini, masih kerap kita jumpai anak-anak berambut gimbal disekitar daratan tinggi dieng.

Selain suguhan alam yang indah, Dieng juga menawarkan wisata sejarah yang tersaji di Komplek Candi Arjuna. Di komplek ini terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Konon, Candi Arjuna merupakan Candi Hindu tertua di Jawa. Bentuknya memang tidak sebesar candi-candi lain yang terdapat di Indonesia. Disini kita dapat menikmati wisata sejarah sekaligus keindahan alam yang mengelilingi kompleks candi arjuna ini.

2014-05-11-13-54-49_decoSalah satu Candi di Kompleks Candi Arjuna

Satu tempat yang tidak boleh kita lewatkan saat berkunjung ke Dieng adalah Dieng Plateau Theater. Disana kita bisa melihat film dokumenter tentang sejarah Dieng.

2014-05-11-17-04-04_deco

Berkunjung ke Wonosobo, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi mie ongklok. Disebut Mie Ongklok, karena mie ini disajikan dengan sayuran kol segar dan potongan daun kucai yang merupakan sayuran khas Wonosobo. Mie Ongklok ini sangat pas dinikmati ditengah cuaca dingin yang menyelimuti Wonosobo.

2014-05-11-13-31-02_decoMie Ongklok

Segala keindahan alam yang berselimut legenda masyarakat, serta kuliner lokal menjadi suguhan wisata di daratan tinggi Dieng. Keindahan bumi pertiwi ini memang tiada duanya, mari kita tetap jaga dan lestarikan alam bumi pertiwi ini.

Advertisements

6 thoughts on “Wisata Negeri di Atas Awan

  1. #NoteAdventure : saya juga sebenernya kurang suka mie ongklok, cuma karena waktu itu kondisi perut dan cuaca mendukung, jadi nikmat aja.. 😀

    #Mysukmana : Iya seger banget tuh caricanya 😀

    #Noerazhka : Salam kenal juga.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s