Pesona Alam Seven Wonders of Banten

16-05-11-08-04-06-897_deco

“Let’s find some beautiful place to get lost…” ~anonymous~

Bagi saya, long weekend bukanlah waktu yang tepat untuk menempuh perjalanan jauh. Karena sudah dipastikan Kita tidak akan menikmati perjalanan dan liburan Kita. Selain jalanan yang pasti bakalan macet banget, ditambah tempat-tempat wisata yang pasti akan dipenuhi oleh para pengunjung untuk berlibur dan berburu foto. Makanya, biar saya tetap bisa refreshing dan blog saya pun bisa tetap update, akhirnya saya pilih untuk ikutan one day trip ke Pulau Sangiang, Banten.

Pulau Sangiang adalah kawasan konservasi Taman Wisata Alam yang terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pulau ini memiliki luas sekitar 720 hektar dan dihuni sekitar 50 kepala keluarga. Dijuluki “Seven Womders of Banten” karena pulau ini menawarkan banyak keindahan alam, mulai dari pantai, laut, hingga biota lautnya yang beragam.

Perjalanan saya dimulai dari Terminal Baranangsiang Bogor menuju Terminal Kampung Rambutan untuk bertemu dengan beberapa teman saya yang akan berangkat bersama menuju meeting point Kami di Masjid Agung Cilegon. Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan dengan Bis Kp. Rambutan – Merak, akhirnya Kami  tiba di meeting point. Saat itu waktu masih menunjukkan pukul 10 malam, sementara Kami baru akan berangkat menuju Pelabuhan Paku Anyer pukul 3 pagi dengan menyewa angkutan umum.

Beberapa dari Kami ada yang mengisi waktu dengan mengobrol dan berkenalan dengan teman baru sambil main kartu, sementara saya lebih memilih mencari posisi yang pas untuk tidur. Maklum saja, karena saat itu Kami harus menunggu pagi di emperan jalan yang hanya beralaskan terpal, haha… Akhirnya waktu pun menunjukkan pukul 3 pagi, dan Kami semua berangkat menuju Pelabuhan Paku Anyer. Tiba di Pelabuhan setelah perjalanan kurang lebih 30 menit, Kami semua kembali melanjutkan tidur hingga subuh.

16-05-11-08-12-29-779_deco

Pelabuhan Paku Anyer

Pukul 7 pagi, saatnya menyebrang ke Pulau Sangiang. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam untuk tiba di spot snorkeling. Spot snorekling yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Legon Waru. Setelah puas snorkeling, Kami segera melanjutkan perjalanan ke Pulau Sangiang. Untuk mengunjungi beberapa spot di Pulau Sangiang, Kami harus trekking sekitar 2 jam (lama di foto-fotonya sih).

16-05-11-08-11-05-641_deco

Hutan Bakau di perjalanan menuju Pulau Sangiang

16-05-11-08-07-33-027_deco

Jalur awal trekking Pulau Sangiang

Spot pertama yang Kami kunjungi adalah Goa Kelelawar. Sesuai namanya, goa ini memang dipenuhi oleh kelelawar ditambah deburan ombak yang masuk ke goa ini. Trekking berlanjut ke spot kedua yakni Bukit Begal. Agak seram memang namanya, tapi tidak dengan pemandangan yang disuguhkan dari atas bukit ini, sangat indah. Spot selanjutnya adalah Saung Tungku. Disana Kami beristirahat cukup lama, sambil menikmati pantai dan semilir angin. Puncak Harapan menjadi spot selanjutnya di jalur trekking yang Kami lalui. Dari Puncak Harapan, Kita dapat melihat lekukan Pulau Sangiang yang indah dari atas puncak.

Goa Kelelawar

16-05-11-08-02-23-658_deco

Pemandangan dari Bukit Begal

16-05-11-08-06-56-990_deco

Pemandangan dari Saung Tungku

16-05-11-08-05-35-502_deco

16-05-11-08-06-03-255_deco

Pemandangan dari Puncak Harapan

Dan akhirnya tibalah Kami di spot terakhir, sekaligus primadonanya Pulau Sangiang, yakni Pantai Pasir Panjang. Waktu yang pas untuk menikmati sore hari di tepi pantai sebelum kembali menyebrang ke Pelabuhan.

16-05-11-08-04-34-548_deco

16-05-11-08-05-04-550_deco

Pantai Pasir Panjang

Sayangnya beberapa spot snorekling dan pantai di Pulau Sangiang kurang terjaga kebersihannya. Banyak sekali sampah yang mengambang di sekitar spot snorkeling dan juga tepi pantai. Sudah seharusnya kita sebagai wisatawan juga turut menjaga alam kita yang indah ini, bukan hanya sekedar berburu foto-foto untuk diupload ke media sosial.

“Jangan tinggalkan sesuatu selain jejak…  Jangan ambil sesuatu kecuali gambar…  Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu…”

See u next trip…

*FYI : Trip ini sistemnya sharing cost dengan peserta 15 orang (Rp 175.000/orang diluar transportasi, sewa alat snorkeling, dan makan).