Menikmati Panorama di Penghujung Tahun

Menikmati Panorama di Penghujung Tahun

View dari Panorama Pabangbon

“Nature is a faithful healer of the soul” ~Anonymous~

Finally Iā€™m back to this blog, hehe.. Mungkin ini adalah tulisan pertama sekaligus terakhir di tahun ini. Maklum, tahun ini saya cukup kalem di rumah (baca: gak ngetrip kemana-mana). Hampir setahun tanpa ke mana itu rasanya lumayan hampa, haha.. Dan Alhamdulillah akhirnya saya bisa menutup hari terakhir di tahun ini dengan suguhan alam yang mempesona.

Berawal dari ajakan yang dadakan, akhirnya sampe juga di tempat ini. Panorama Pabangbon (Papa) atau Rumah Pohon Pabangbon adalah salah satu tempat wisata di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang sedang ngehitz belakangan ini. Jaman now, tempat wisata yang ngehitz adalah yang punya spot foto keren alias ‘instagramable’.

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota bogor untuk sampai ke Panorama Pabangbon. Kalau belum tahu rutenya, Google Maps cukup ngebantu kita buat sampe kesana. Di sekitar lokasi wisata tersebut juga terdapat wisata Bukit Bintang dan air terjun. Disarankan kalau mau berkunjung ke Panorama Pabangbon sebaiknya berangkat pagi-pagi dan menggunakan motor, karena daerah leuwiliang yang lumayan macet dan panas kalau udah agak siangan. Treknya yang lumayan sulit karena cukup menanjak juga perlu jadi perhatian. Jangan sampe kamu yang baru bisa naik motor atau yang gak biasa bawa motor dengan trek yang sulit nekad kesana, apalagi kalau lagi musim hujan kayak gini.

Harga tiket masuk Panorama Pabangbon Rp 10.000 per orang, untuk kendaraan Rp 5.000, dan penitipan helm Rp 2.000. Di dalam Panorama Pabangbon ini terdapat banyak spot foto berlatarkan panorama alam. Kalau kita mau masuk ke spot foto itu dikenakan biaya Rp 10.000 per spot foto, plus Rp 10.000 lagi kalau kamu mau menggunakan jasa foto disana. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa wahana foto seperti hammock yang dikenakan biaya Rp 5.000, serta flying fox, ayunan, dan sepeda.

Pintu masuk Wisata Panorama Pabangbon
Landmark Wisata Panorama Pabangbon

Beberapa view dari Panorama Pabangbon

Suguhan alam yang disajikan di Panorama Pabangbon ini cukup menyegarkan mata. Layaknya pemandangan yang tersaji di puncak. Namun sayangnya, fenomena media sosial saat ini, membuat saya jadi kurang menikmati wisata alam. Karena semua orang sibuk mengabadikan dirinya demi eksistensi di media sosial. Kebetulan juga, saya datang ke sana pas lagi liburan sekolah plus weekend, jadi kebayangkan ramenya disana kaya apa? Wisata alam dengan suasana layaknya pasar, haha.. Jadi, kalau kamu mau bener-bener nikmatin suasana alam di sana, mending jangan datang pas weekend.

Beberapa Spot Foto di Wisata Panorama Pabangbon

But overall, Panorama Pabangbon ini bisa jadi alternatif wisata alam buat kamu yang butuh refresh dari keramaian kota. Semoga tahun depan kita semua diberikan kesehatan untuk bisa menikmati lebih banyak suguhan alam. Aamiin.

-See you next trip-

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s