Seharian di Pangandaran

Seharian di Pangandaran

Pantai Batu Hiu

“Dear ocean, thank you for making us feel tiny, humble, inspired, and salty all at once”

Kereta Api Serayu Malam yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen tepat pukul 21.00 WIB mengantarkan saya dan teman-teman menuju Kota Banjar. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 8 jam sampai akhirnya kami disambut mentari Pagi di Stasiun Banjar.

Pangandaran adalah Kabupaten di Jawa Barat yang diresmikan pada tahun 2012 dengan Ibu Kota Kecamatan Parigi.

Petulangan kami di Pangandaran diawali dengan sarapan. Selesai urusan perut, tepat pukul 07.00 pagi kami berangkat menuju Green Canyon, destinasi utama kami di Pangandaran yang terletak di Kecamatan Cijulang. Perjalanan menuju Green Canyon ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam dengan mobil yang kami sewa. Sebenarnya untuk menuju ke Green Canyon, kita dapat menggunakan kendaraan umum, yakni angkot dari Stasiun Banjar, kemudian dilanjutkan dengan Bus 3/4 ke arah Cijulang. Namun, karena waktu kami di Pangandaran tidak banyak, akhirnya kami memutuskan untuk menyewa kendaraan untuk seharian.

Green Canyon

Pemandangan di Green Canyon

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Green Canyon, seperti naik perahu, berenang, hingga body rafting. Kami memilih untuk menikmati keindahan Green Canyon dengan menggunakan perahu. Dengan membayar sebesar Rp 200.000/perahu untuk kapasitas maksimal 6 orang, kita akan diajak untuk menyusuri dan menikmati keindahan Green Canyon selama kurang lebih 45 menit. Jika ingin berenang, kita bisa membayar biaya tambahan sebesar Rp 100.000 untuk berenang selama kurang lebih 30 menit.

Menikmati keindahan Green Canyon dengan perahu

Wisata Green Canyon ini tak pernah sepi dari pengunjung. Pastikan untuk mengunjungi tempat ini saat tidak sedang musim hujan. Karena jika musim hujan, air di Green Canyon akan berubah menjadi kecoklatan.

Pantai Batu Hiu

Perjalanan selanjutnya mengantarkan kami menikmati birunya laut dan langit di sepanjang jalan menuju Pantai Batu Hiu. Jarak dari Green Canyon menuju Pantai Batu Hiu tidak terlalu jauh. Sepanjang perjalanan menuju kesana, kami pun disuguhi dengan keindahan laut dan juga taman mangrove.

Suguhan alam di Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu menyuguhkan kecantikan alam yang sempurna. Langit biru yang cerah, serta deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang menemani kami menikmati indahnya laut disana. Meskipun tak lama waktu untuk menikmatinya, tapi cukup untuk memanjakan mata dan menyegarkan pikiran kami. Tidak ada tarif khusus yang harus kami bayar untuk menikmati keindahan alam di Pantai ini alias gratis.

Pantai Pangandaran

Sebagai penutup perjalanan singkat ini, kami mengunjungi Pantai Pangandaran. Pantai ini dibagi menjadi Pantai Pangandaran Barat dan Timur. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disana, seperti mengunjungi Cagar Alam dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 21.000/ orang, atau naik perahu menuju Pantai Pasir Putih dengan membayar Rp 15.000/ orang. Kita juga bisa berenang di Pantai dan mencoba beberapa permainan air yang ditawarkan disana, atau hanya sekedar menikmati keindahan pantai seperti yang saya lakukan. Jika kamu menginap di Pangandaran, pastikan untuk tidak melewatkan indahnya suguhan matahari terbit dan tenggelam di Pantai ini.

Pantai Pangandaran

Masih banyak keindahan lain yang ditawarkan di Pangandaran. Namun waktu membatasi kami untuk segera kembali pulang.

Seharian di Pangandaran, menikmati keindahan, megobati kerinduan, dan menyimpannya dalam kenangan.

 

*Rincian Biaya :
Tiket kereta ekonomi St. Senen – St. Banjar (PP) : Rp 126.000
Sewa mobil : Rp 800.000
Makan : Rp 10.000 – Rp 30.000
Tiket masuk Green Canyon : Rp 200.000 – Rp 400.000 (tergantung paket)

*alternatif pilihan objek wisata di Pangandaran dapat dilihat di http://www.mypangandaran.com

 

See you next trip…

Advertisements

6 thoughts on “Seharian di Pangandaran

  1. Keren mba dedew.. Bacaan nya ringan tapi informatif sekali. Foto2nya jg ketjeh.. Ditunggu cerita trip selanjutnya yah ☺

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s