Siap-Siap

Siap-Siap

Setiap perjalanan, tentu perlu sebuah persiapan. Apalagi jika kita akan mengunjungi negeri orang. Banyak hal yang perlu di-eksplore sebelum kita mengunjungi destinasi tersebut. Nah kali ini, saya akan membagikan persiapan apa saja yang saya lakukan sebelum mengunjungi Negeri Matahari Terbit alias Jepang.

1.  Tiket

Untuk menghemat budget perjalanan ke Jepang, usahakan mendapatkan tiket promo. Untuk saya sendiri, mendapatkan tiket promo dengan harga Rp 4 juta (PP) dengan Maskapai Japan Airlines. Kamu juga bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dengan rajin mantengin promo-promo di aplikasi pemesanan tiket.

2.  Visa

  • Syarat pengajuan Visa Waiver bagi pemegang e-passpor

Jepang bukanlah negara bebas Visa, baik bagi pemegang e-passpor maupun passpor biasa. Jauh lebih mudah bagi pemilik e-passpor untuk mengurus visa kunjungan ke Jepang karena persyaratannya lebih mudah dan tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk pembuatan e-passpor, kamu bisa baca di link berikut ini : https://blog.tiket.com/cara-membuat-e-paspor/.

Bagi pemegang e-passpor, yang harus dilakukan adalah mengurus visa waiver. Ketentuan visa waiver bisa dibaca di link ini : https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver2018.html.

Untuk mengurus visa waiver secara gratis bisa dilakukan di Kedutaan Besar Jepang pada hari kerja (Senin – Jum’at mulai jam 08.30) dengan membawa e-passpor asli serta form pengajuan visa yang dapat diisi di Kedutaan Besar Jepang. Pengurusan Visa Waiver juga dapat dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI), namun dikenakan biaya tambahan. Visa Waiver hanya memakan waktu 2 hari kerja. Tentang visa waiver juga bisa dibaca pada link berikut : https://jenniferanandary.com/2019/04/11/cara-membuat-visa-waiver-jepang-untuk-e-paspor-bebas-biaya/.

  • Syarat pengajuan Visa bagi pemegang passpor biasa

Isi Visa Application Form To Enter Japan, dengan lampiran :

  1. Paspor Asli
  2. FC KTP (dikertas A4 jangan dipotong)
  3. FC KK
  4. FC Akte Lahir
  5. FC Buku Nikah (bagi yg sudah menikah)
  6. Referensi dari bank
  7. Print Out Rek. Koran 3 bulan terakhir min. 30juta
  8. Surat Referensi dr Kantor (pegawai) / Sekolah (pelajar) / Kampus (mahasiswa) berbahasa Inggris
  9. Slip Gaji 3 bulan terakhir
  10. SIUP (untuk yg punya usaha)
  11. Tiket PP
  12. Booking hotel
  13. Itinerary
  14. Pas foto uk. 4.5×4.5 1 lembar

*Semua persyaratan dilampirkan dalam kertas A4

3.  Perlengkapan

Perlengkapan yang perlu dibawa selama di Jepang menyesuaikan dengan musim disana saat ini. Seperti ketika saya kesana sedang peralihan dari musim gugur ke musim dingin. Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa diantaranya :

  1. Koper (minimal 24 inch)
  2. Daypack (untuk menyimpan passpor, dompet, dan barang-barang penting lainnya yang akan kamu bawa sehari-hari selama disana)
  3. Handphone
  4. Passpor
  5. Tiket Pesawat dan Hotel (bisa disave hasil bookingannya di handphone kamu)
  6. Perlengkapan sholat bagi muslim (jangan lupa untuk selalu membawa sajadah dan mukena, karena lumayan sulit menemukan prayer room selama di Jepang)
  7. Jaket
  8. Pakaian (untuk atasan, bisa menyesuaikan dengan berapa hari yang akan kamu habiskan di Jepang. Untuk bawahan, bisa dipakai 2/3 kali. Kamu juga perlu membawa longjohn, legging, kaos kaki warm untuk berjaga-jaga hawa dingin selama disana).
  9. Uang yen (50.000 yen kalau nggak belanja, udah cukup kok). Fyi 1 yen = 131 rupiah (Nov 2019).
  10. Obat-obatan pribadi
  11. Kantong plastik (buat nyimpen sampah, karena jarang nemu tempat sampah selama disana)
  12. Power bank (jangan dimasukkan kedalam koper ya, hanya boleh dibawa di cabin)
  13. Colokan universal (Jepang)
  14. Perlengkapan makan (tupperware, sendok, garpu, kalau kamu membawa makanan kering dari Indonesia)
  15. Kantong koin (penting nih buat nyimpen uang receh selama disana)
  16. Sepatu (saya sarankan pilih sepatu yang nyaman kamu pakai seperti sepatu kets, karena di Jepang akan lebih banyak berjalan kaki untuk mengunjungi tempat-tempat wisata disana)
  17. Makanan kering (Ini bisa jadi opsi buat kamu yang ingin menghemat pengeluaran selama disana atau bagi teman-teman muslim, karena agak sulit menemukan makanan halal disana. Tapi ingat jangan bawa secara berlebihan. Kamu bisa membawa kentang kering atau abon untuk teman makan. Nasinya bisa kamu beli di Lawson atau Family Mart yang bertebaran di Jepang)
  18. Peralatan mandi (Ini juga opsi buat kamu, karena seluruh penginapan di Jepang menyediakannya secara gratis)
  19. Lotion, pelembab bibir, dan wajah (Ini wajib sih menurut saya, karena cuaca disana bisa bikin kulit kita kering)

4.  Transportasi

Ada banyak sekali moda transportasi di Jepang. Kereta api saja ada banyak sekali jenisnya, belum lagi ditambah moda transportasi lainnya. Tapi kamu nggak perlu bingung, cukup buka goggle map, dan ikuti arahannya tanpa perlu ngebayangin banyaknya jenis dan rute transportasi disana. Dan yang wajib kamu tahu adalah bagaimana caranya menghemat pengeluaran untuk transportasi selama di Jepang.

Kartu Pasmo/ Suica (kartu ajaib buat transportasi selama di Jepang, bisa digunakan untuk naik kereta dan bus, atau membeli minuman di vending machine dan main gacha, hehe..). Kartu pasmo/ suica ini bisa kamu beli saat tiba di Bandara Jepang dan mengisi saldonya. Biasanya cukup dengan 2000 yen (500 yen untuk deposito) untuk pengisian diawal. Selanjutnya kamu bisa mengcek saldo kamu dan mengisinya kembali di stasiun-stasiun kereta yang kamu datangi.

Pasmo Card

Untuk menghemat perjalanan selama di Jepang, kamu juga perlu tahu kartu-kartu ajaib lainnya (Free Pass) yang bisa kamu gunakan selama disana. Kamu bisa baca info-infonya sebelum pergi ke Jepang, melalui link-link di bawah ini :

  1. http://rucksack-traveler.blogspot.com/2013/10/berbagai-pass-di-jepang.html
  2. https://ranseltravel.com/berbagai-jenis-kereta-di-jepang-dan-kartu-transport-pass/

Selama di Jepang, saya memilih untuk menggunakan Pasmo/ Suica selama di Tokyo, Kyoto Bus One Day Pass selama di Kyoto, dan Osaka Amazing Pass selama di Osaka. Apa kelebihannya?

  • Kyoto Bus One-day Pass

Kyoto Bus One-day Pass

Jika kamu mengunjungi Kyoto, maka transportasi yang akan kamu gunakan sehari-hari adalah Bus. Untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu selama disana, kamu bisa membeli Kyoto Bus One-day Pass seharga 600 yen untuk satu hari. Kamu bisa membelinya di Tourist Information Center atau Bus Information Center di Kyoto Station. Satu kartu hanya bisa digunakan untuk satu hari, jadi kamu bisa membeli kartu sesuai dengan lama tinggal di Kyoto. Kenapa lebih murah dengan Kyoto Bus One-day Pass? Oke, di Kyoto hitungannya sekali naik bus sekitar 260 yen sekali jalan. Dengan Kyoto Bus One-day Pass, kamu bisa gratis naik bus seharian di Kyoto dengan 600 yen aja. Simplenya, dengan 3 kali naik bus aja, kamu udah bisa balik modal, hehe.

  • Osaka Amazing Pass

Osaka Amazing Pass

Kartu ini hitungannya lebih ajaib dari Kyoto Bus One-day Pass. Kenapa? Karena dengan Ozaka Amazing Pass kamu bisa gratis naik kereta, bus, bahkan masuk ke beberapa tempat wisata di Osaka. Ajaib kan? Hehe. Kamu bisa membeli kartu ini secara online atau langsung di Tourist Information Center di Osaka seharga 2700 yen untuk satu hari. Kamu jika bisa membeli Osaka Amazing Two Day Pass (khusus untuk Turis). Saya sarankan untuk membeli langsung saat kamu tiba di Osaka, karena nanti kita akan dijelaskan tentang objek wisata apa saja yang bisa dikunjungi secara gratis dengan kartu ini, serta diberikan map tempat wisata di Osaka. Dengan kartu ini, kamu bisa hemat ribuan yen, haha.. (silahkan hitung sendiri setiap objek wisata yang kamu datangi). Info lebih lanjut tentang Osaka Amazing Pass bisa kamu baca di link berikut : https://www.infojepang.net/liburan-murah-di-osaka-dengan-osaka-amazing-pass/.

  • Tokyo Free Pass

Jika kamu mengunjungi Tokyo dalam beberapa hari, kamu bisa membeli alternatif kartu ajaib selama di Tokyo menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Infonya bisa dibaca di link berikut : https://matcha-jp.com/id/4041. Saya sendiri memilih tidak membeli Free Pass selama di Tokyo, karena tidak lama menghabiskan waktu disana. Jadi saya tetap menggunakan Pasmo/ Suica selama di Tokyo.

5.  Penginapan

Usahakan cari penginapan yang dekat dengan stasiun kereta atau halte bus, karena akan lebih mudah untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang kita tuju. Kamu bisa cari penginapan di aplikasi seperti booking.com, tiket.com, traveloka, agoda, atau aplikasi lainnya. Pastikan kamu sudah mendapatkan tempat menginap sebelum berangkat ke Jepang, karena akan sulit jika harus mencari tempat menginap saat tiba disana. Harga penginapan bisa disesuaikan dengan budget kamu.

6.  Internet

Online selama di Jepang itu penting banget, apalagi untuk petunjuk jalan serta informasi lainnya selama disana agar tetap terhubung dengan Mbah Google. Ada beberapa pilihan internet yang bisa kamu gunakan selama di Jepang, seperti menyewa pocket wifi, membeli sim card Jepang, atau dengan mengaktifkan paket internasional operator telepon Indonesia. Saya sendiri memilih opsi terakhir, dengan membeli paket internasional. Oia, di Jepang sendiri sebenarnya banyak tersedia fasilitas wifi gratis di tempat umum, bus, atau hotel yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat kuota internet.

7.  Itinerary

Ini adalah hal wajib yang mesti kamu siapin sebelum pergi ke Jepang, meskipun di lapangan bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi disana. Usahakan buat itinerary sedetail mungkin, karena itin kamu akan mempengaruhi tempat menginap juga pilihan transportasi, serta transportasi yang harus dipesan secara online sebelum keberangkatan. Kamu bisa melihat referensi dari blog orang lain maupun situs-situs info terkait Jepang untuk menyusun itinerary.

8.  Browsing

Sebelum pergi, jangan malas untuk cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Terutama jika kamu pergi ke luar negeri. Kamu perlu pelajari kebiasaan masyarakat disana, musim apa yang sedang berlangsung disana, cara akses tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, dan info-info lainnya. Semakin banyak info yang kamu tahu, semakin tenang dan nyaman liburan kamu.

Semoga tips-tips dari saya bisa bermanfaat, terutama buat kamu yang berencana liburan ke Jepang ala backpacker. Persiapkan perjalanan kamu sebaik mungkin dan selamat liburan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s