Kawaguchiko

Kawaguchiko

View Mt. Fuji

Fill your life with adventures, not things. Have stories to tell, not stuff to show. ~anonymous~

Kawaguchiko menjadi tujuan pertama kami begitu tiba di Jepang. Danau Kawaguchiko terletak di Prefektur Yamanashi yang berada di kaki Gunung Fuji. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Kawaguchiko, salah satunya dengan Bus.

Kami sengaja memilih tempat penginapan di daerah Shinjuku agar lebih dekat menuju Terminal Shinjuku. Bus yang kami tumpangi berangkat pukul 07.35 dari Shinjuku Expressway Bus Terminal menuju Kawaguchiko Station. Tiket bus dapat dibeli secara online melalui link berikut : https://www.highwaybus.com/ dengan harga 2000 yen. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam dengan Bus dari Shinjuku. Perlu diingat, segala jenis transportasi di Jepang selalu berangkat on time, jadi perkirakan waktu kamu agar tidak ketinggalan bus. Begitu tiba di Shinjuku Station, kamu bisa bertanya dengan Petugas disana dimana kamu harus menunggu kedatangan Bus yang akan kamu naiki.

Shinjuku Station (Photo by. Febri)

Tempat Tunggu Bus

Area Kawaguchiko memiliki banyak tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah “Mt. Fuji Panoramic Ropeway”, yaitu kereta gantung dari dan ke atas Gunung Tenjo yang menampilkan panorama Gunung Fuji inilah sarananya. Gunung Tenjo yang menjadi puncak dari kereta gantung ini diyakini sebagai latar kisah legenda “Gunung Kachi-Kachi”. Karena itu, kereta gantung ini dulu dinamakan “Mt. Kachi Kachi Ropeway”. Di puncak Gunung Tenjo ini, kita dapat menikmati pemandangan Gunung Fuji dari kejauhan.

View dari Puncak Gunung Tenjo

Antrian untuk naik kereta gantung tersebut cukup panjang, terutama pada saat akhir pekan. Pada saat tiba disana, kita bisa mengambil nomor antrian untuk dipanggil menuju area pembelian tiket. Tiket naik kereta gantung ini seharga 500 yen untuk one way, dan 900 yen untuk round trip.

Mt. Fuji Panoramic Ropeway

Tiket Round Trip Mt. Fuji Panoramic Ropeway

Danau di sebrang Mt. Fuji Panoramic Ropeway

View di sekitar Danau

Untuk bisa menikmati tempat-tempat wisata di area Kawaguchiko, ada fasilitas bus yang ditawarkan untuk mencapai tempat-tempat tersebut. Jalur bus tersebut dibagi kedalam tiga line, red line, green line, dan blue line. Jalur terfavorit adalah red line, dimana jalur tersebut melewati Mt. Fuji Panoramic Ropeway. Kita bisa membayar bus tersebut dengan kartu sakti Pasmo/ Suica jika hanya ingin menuju destinasi tertentu di Kawaguchiko. Kita juga bisa membeli tiket 2 day pass jika ingin menikmati keindahan Kawaguchiko selama 2 hari. Bus di Kawaguchiko beroperasi hingga pukul 17.00 waktu setempat.

View di sekitar Kawaguchiko Music Forest Museum

Di Area Kawaguchiko juga terdapat taman bermain Fuji-Q Highland, Pagoda Chureito untuk menikmati Gunung Fuji dari sisi lain, serta Gotemba yang merupakan pusat perbelanjaan.

Jika kamu berpindah-pindah kota seperti saya dan harus membawa-bawa koper, jangan khawatir karena di Kawaguchiko menyediakan beberapa loker yang bisa kamu sewa untuk menyimpan koper. Harga sewa rata-rata sekitar 700 yen per hari.

Setelah menuju beberapa spot di Kawaguchiko, kami kembali ke Kawaguchiko Station untuk menunggu bus malam yang akan kami tumpangi menuju Kyoto Station. Tiket bus malam ini bisa dibeli secara online melalui link berikut : http://bus-en.fujikyu.co.jp/ dengan harga 6400 yen. Perjalanan dengan bus malam dapat menjadi pilihan karena dapat menghemat akomodasi di Jepang.

Kawaguchiko Station

Buat saya, yang senang sekali mengagumi suguhan alam, rasanya kurang kalau hanya menghabiskan kurang dari sehari di Kawaguchiko. Karena banyak keindahan alam yang bisa dinikmati disana. Jika diberi kesempatan kembali, mungkin saya akan menghabiskan waktu lebih lama di Kawaguchiko.

 

~bersambung ke Kota selanjutnya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s