Osaka, Tak Hanya Soal Belanja

Osaka Castle

“Travel opens your heart, broadens your mind and fills your life with stories to tell.. -Paula Bendfeldt-“

Osaka memang dikenal sebagai Kota Belanja. Mulai dari Dotonbori, Shinsaibashi, hingga Namba bisa menjadi pilihan Para Wisatawan untuk berbelanja. Namun, Osaka tak hanya soal belanja. Ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu eksplore di Osaka selain wisata belanja.

Sebelum memulai petualangan di Osaka, kami terlebih dahulu membeli tiket shinkansen untuk ke Tokyo di JR TOKAI TOURS yang ada di Stasiun Shin Osaka. Tiket shinkansen untuk Plat Kodama dapat dibeli dengan harga 10.500 yen untuk kelas biasa, dan 12.200 yen untuk green class (eksekutif). Selanjutnya, kami menuju Tourist Information Center untuk membeli Osaka Amazing Pass untuk satu hari.

Selesai semua urusan tiket, kami segera menuju penginapan untuk check in. Setelah beristirahat sebentar di penginapan, saatnya mengeksplore Kota Belanja, Osaka. Petualangan di Osaka kami mulai dengan berjalan kaki menuju Dotonbori, Namba, dan Shinsaibashi. Dua tempat tersebut menyuguhkan beragam tempat belanja dan juga street food yang dapat kamu nikmati. Selain itu, Dotonbori juga terkenal dengan Dotonbori Glico Sign atau Running Man Glico, sebuah papan iklan besar yang menjadi salah satu ikon Kota Osaka. Kenapa Glico Sign ini bisa menjadi salah satu ikon Kota Osaka? Selengkapnya kamu bisa baca disini : https://jpninfo.com/id/2624.

Glico Sign

Selain Glico Sign, Dotonbori juga menawarkan wisata menyusuri sungai di Dotonbori menggunakan Tombori River Cruise (gratis menggunakan Osaka Amazing Pass). Jika Osaka adalah Kota terakhir tujuan kamu di Jepang, kamu bisa membeli oleh-oleh di Don Quijote.  Don Quijote adalah tempat berbelanja oleh-oleh yang terkenal di Jepang. Di tempat ini terdapat berbagai macam barang mulai dari makanan, minuman, pakaian, kosmetik, dan keperluan sehari-hari lainnya hingga barang sekali pakai seperti popok, tisu, dan lainnya. Toko ‘serba ada’ ini, buka 24 jam dan terdapat di beberapa Kota di Jepang, seperti Shinjuku, Akihabara, Asakusa, dan masih banyak lagi, bahkan juga ada di luar Negeri.

Tombori River Cruise (sumber : OsakaStation.com)

Don Quijote Osaka

HARI KEDUA DI OSAKA

Setelah setengah hari pertama di Osaka kemarin kami nikmati wisata belanja, sekarang saatnya menikmati sisi lain dari Osaka. Jika sebelumnya di Kyoto dan Nara kita lebih banyak menjumpai Kuil-Kuil, di Osaka lebih banyak menawarkan wisata yang ‘entertaining’. Museum, Castle, Ferris Wheel, hingga Theme Park menjadi pilihan wisata yang dapat kamu kunjungi di Osaka. Untuk menikmati wisata Osaka seharian ini, kami memanfaatkan Osaka Amazing Pass yang kami beli saat tiba di Osaka. Dengan free pass ini, tentunya kita bisa menikmati wisata di Osaka dengan harga yang lebih murah. Jika tidak ingin rugi, kamu harus berangkat lebih pagi agar bisa menikmati beragam wisata di Osaka.

Tujuan pertama kami adalah Osaka Castle. Perjalanan menuju Osaka Castle kami tempuh dengan naik kereta dan berjalan kaki (detilnya bisa tanya Mbah Google). Osaka Castle atau yang biasa disebut Istana Osaka ini adalah sebuah istana yang terletak di bagian barat kota Osaka.

Osaka Castle

View dari Puncak Osaka Castle

Osaka Castle merupakan istana kerajaan Jepang yang berdiri pada awal abad ke 16. Walaupun di juluki sebagai istana, namun tempat ini sebenarnya merupakan sebuah museum yang menceritakan perjalanan sang pendiri istana “Toyotomi Hideyoshi“, yang semasa hidupnya adalah seorang penguasa di daerah Osaka. Istana Osaka adalah bangunan peninggalan budaya Jepang yang sangat dilindungi oleh pemerintah. (https://tripjepang.co.id)

Selain bisa belajar sejarah yang disuguhkan didalam Museum di Osaka Castle ini, kita juga bisa naik ke puncak Osaka Castle untuk menikmati pemandangan Kota Osaka. Puas berkeliling di Osaka Castle, kita bisa naik Osaka Jo Gozabune. Sebuah kapal yang akan mengajak kamu menikmati sisi lain dari Osaka Castle dan mendengarkan sejarah Osaka Castle dari Pemandunya. Kapal beroperasi mulai pukul 10.00 – 16.0 dan akan berangkat setiap 15 menit sekali. Baiknya kamu naik kapal ini ketika baru buka alias pemberangkatan pertama, agar tidak perlu mengantri lama jika sudah siang.

Osaka Jo Gozabune

View dari Osaka Jo Gozabune

Selanjutnya, kita bisa menikmati keindahan taman-taman di sekitar Osaka Castle sambil beristirahat atau berkunjung ke Illusion Museum. Semua wisata yang kita kunjungi di Osaka Castle gratis dengan menunjukkan Osaka Amazing Pass yang sudah kita beli sebelumnya. Untuk Illusion Museum, akan dikenakan biaya tambahan, jika kita ingin menonton shownya.

Taman di sekitar Osaka Castle

Selesai di area Osaka Castle, kami berjalan menuju Aqualiner Yodoyabashi. Aqualiner ini berbentuk kapal pesiar dan kita akan dibawa menyusuri sungai di pusat Kota Osaka. Ada beberapa rute yang ditawarkan oleh kapal ini, serta pilihan one way atau round trip. Kami mengambil rute one way dari Osakajo Pier menuju Yodoyabashi Pier. Tiba di Yodoyabashi, kami berjalan ke stasiun untuk menuju ke Osaka Museum House and Living. Lokasi Museum ini cukup unik, yaitu berada didalam sebuah gedung di lantai 8.

Osakajo Pier (Sumber : OsakaStation.com)

Penampakan Kapal Aqualiner

View dari kapal Aqualiner

Di Osaka Museum House and Living ini, kamu akan dibawa merasakan kehidupan Osaka di masa lalu. Kita dapat mempelajari semua tentang perkembangan Osaka dan merasakan pengalaman melalui pameran interaktif berbagai cara hidup di Osaka selama periode sejarah yang berbeda. Kita juga bisa merasakan suasana pagi, siang, hingga malam di dalam Museum ini. Selain itu, kamu bisa menyewa kimono secara gratis sambil berfoto di dalam Museum.

Osaka Museum House and Living

Saatnya menikmati keindahan Kota Osaka dari sudut yang lain. Menjelang sore, kami menuju ke Tempozan Ferris Wheel untuk menikmati keindahan Kota Osaka dari ketinggian sekitar 112 meter. Dari ketinggian, kita juga bisa melihat Universal Studio Japan (USJ). Bagi kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak di Osaka, jangan lewatkan untuk berkunjung kesana. Karena butuh satu hari penuh untuk menikmati wahana-wahana yang disuguhkan disana. Oya, di sekitar area Tempozan Ferris Wheel juga terdapat Legoland dan Osaka Aquarium Kaiyukan. Jika ingin masuk ke USJ, Oskaa Aquarium, dan Legoland, tentunya akan dikenakan biaya karena tidak termasuk dalam fasilitas Osaka Amazing Pass.

Tempozan Ferris Wheel

View dari Tempozan Ferris Wheel

Legoland

Semua wisata yang kami nikmati di Osaka gratis dengan menggunakan Osaka Amazing Pass. Masih banyak tempat- tempat di Osaka yang belum sempat kami kunjungi karena waktu dan juga memang tutup. Saat kamu membeli Osaka Amazing Pass, kamu akan diberikan informasi tempat-tempat wisata yang tutup di hari kita menggunakan free pass tersebut.

HARI KETIGA DI OSAKA

Kami bangun pagi-pagi sekali agar tak ketinggalan kereta Shinkansen menuju Tokyo. Shinkansen plat Kodama yang akan kami naiki berangkat pukul 07.50 waktu setempat dari Shin Osaka Station.  Lebih baik menunggu daripada ketinggalan dan uang melayang, hehe… Cuaca pagi itu benar-benar membuat kami menggigil, membuat kami ingin segera naik kereta. Perjalanan ke Tokyo Station memakan waktu sekitar 4 jam. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan Pesawat dari Osaka menuju Tokyo dengan harga yang hampir sama dengan tiket Shinkansen dengan waktu yang lebih singkat, yakni 1 jam perjalanan. Namun, kurang afdol rasanya kalau berkunjung ke Jepang tanpa mencoba Shinkansen. Dan juga kebetulan penginapan kami tidak jauh dari Shin Osaka Station tempat keberangkatan Shinkansen yang akan kami naiki menuju Tokyo.

Terima kasih Osaka untuk suguhan wisatanya.

Shin Osaka Station (tempat menunggu Shinkansen)

~bersambung ke Kota selanjutnya~